Label

Kamis, 01 Januari 2015

Macam-Macam Alat Musik Tiup Berdasarkan Jenisnya

Salam Nada!!!

Berhubung aroma tahun baru masih terasa, kali ini saya mau posting tentang sesuatu yang identik dengan tahun baru. Apa itu? Yup! Betul sekali, terompet! Dan ngomongin masalah terompet, ada alat musik yang namanya terompet juga. Trus, bisa nggak sih terompet tahun baru digolongkan menjadi alat musik tiup?

Ok, langsung saja. Alat musik tiup merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditiup. Adapun macam-macam alat musik tiup berdasarkan JENIS, antara lain:

1. Pan-Pipes
Dari namanya udah pada bisa nebak kan? Pan-pipes adalah alat musik tiup yang terbuat sari beberapa pipa yang digabung. Masing-masing pipa mewakili nada tertentu.

2.  Rekorder
Rekorder yang ini bukan rekaman ya :D
Rekorder itu adalah alat musik tiup yang sering kita jumpai. Pasti kalian juga pernah liat. Rekorder memiliki 6-7 lubang. Rekorder juga dibagi menjadi 4: sopranino, soprano, alto, tenor, bass dan contra bass.

3. Suling
Suling atau seruling ada yang terbuat dari kayu dan ada yang terbuat dari perak. Biasa dugunakan pada musik orkestra. Untuk mengubah jenis suara suling, dilakukan dengan cara mengubah posisi bibir. Mbayangin aja susah kayaknya, harus bisa mengontrol bibir biar nggak keseleo :)
Suling Kayu
Suling Perak

4. Piccolo
Jadi inget tokoh Dragon Ball :) Piccolo yang ini adalah alat musik tiup yang hampir sama dengan suling, tapi memiliki bentuk yang lebih kecil. Kalo di orkestra, alat musi ini menghasilkan suara paling tinggi.

5. Obo
Alat musik ini juga digunakan di orkestra. Memiliki panjang sampai 2 kaki.
6. Korno
Hampir sama dengan Obo, tapi nada yang dihasilkan lebih rendah. Dan korno merupakan alat musik tradisional  dari Maluku.

7. Clarinet
Alat musik yang digunakan dalam orkestra yang memiliki bunyi yang sangat kaya. Alat musik ini terbuat dari kayu dengan tutup lubang terbuat dari logam.

8. Fagot
Masih sodara dengan Obo. Alat musik ini memiliki nada yang sangat rendah, 2 oktaf di bawah Obo.

9 Saksofon
Saksofon diciptakan oleh ahli Clarinet. Saksofon terbagi menjadi 5: soprano, alto, tenor, bariton, bass.

Sekian dulu postingan hari ini.

Salam Nada!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar