Label

Kamis, 11 Desember 2014

Nada, Irama dan Melody

Salam Nada!!!


Selamat malam teman-teman. . .
Jujur saja, sebelumnya saya blum bisa membedakan antara Nada, Irama dan Melody. Tapi setelah saya cari tahu, akhirnya saya menemukannya. Inilah hasil pencarian saya.
Cekidot!

1. Nada
Nada adalah "suatu jenis unsur suprasegmental yang ditandai oleh tinggi-rendahnya arus-ujaran."
Susah banget ini kalimat diartikan :(
Jadi intinya begini, coba deh temen-temen bedakan, ngomong pas lagi sedih dan ngomong pas lagi seneng. Ngomong pas lagi sedih, suasananya juga ikut sedih dan rendah, trus kalo pas lagi seneng, suasananya juga seneng dan suaranya tinggi. Temen-temen pasti pernah liat notasi angka kan? Ketika sebuah lagu dimulai dari 5 (sol) misalnya, kemudian disusul dengan 3 (mi), kemudian 4 (fa). Maka suara yang dibentuk adalah 5 lebih tinggi, 3 lebih rendah, dan 4 diantara 5 dan 3.
Namun bunyi itu disebut nada hanya jika bunyi yang dihasilkan teratur, tidak berantakan.
Jadi singkatnya, Nada adalah bunyi yang beraturan.

2. Irama
Irama atau bisa juga disebut ritme ada yang menyebutnya sebagai perulangan bunyi menurut pola tertentu, ada juga yang menyebutkan ketukan secara teratur. Contoh ketika kita mendengarkan sebuah lagu kemudian secara tidak sadar kaki kita bergerak-gerak, kepala kita begeleng-geleng, atau jari kita mengetuk-ngetuk, itulah yang disebut irama.
Untuk lebih detainya, akan dijelaskan pada episode tersendiri lain waktu :)

3. Melody
Melody adalah nada yang diatur tinggi rendahnya, pola, dan harga nada sehingga menjadi kalimat lagu. Jadi Melody adalah nada yang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi rangkain sebuah lagu yang enak di dengar.


Itu saja postingan malem ini, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar