Label

Jumat, 05 Desember 2014

Perbedaan Keyboard, Piano dan Organ

Episode keyboard :)

Yosha! Kali ini akan di paparkan perbedaan antara keyboard, piano dan organ.
Enaknya kita bahas piano dulu ya . . :)
  1. Piano
Piano muncul pertama kali tahun 1720. Cara memainkan piano dengan cara dipencet. Pada awalnya tuts-tuts piano terbuat dari gading, namun seiring berjalannya waktu karena keterbatasan gading, maka pembuatan tuts piano di ganti plastik. Suara yang dihasilkan dari piano berasal dari senar piano.
Piano juga terbagi menjadi dua jenis:
  • Grand Piano

Grand piano memiliki struktur posisi senar yang rumit, sehingga menghasilkan suara yang jernih dan lebih bagus. Piano memiliki lebih dari 5 oktaf, karena dirancang khusus untuk pemain solo.
  • Piano Upright
Piano Upright memiliki bentuk yang lebih ramping. Selain itu piano upright juga memiliki struktur posisi senar yang lebih sederhana, sehingga suara yang dihasilkan tidak sebagus grand piano.

2. Organ
Pernah lihat alat musik yang model beginian? Ya, namanya Organ. Beda dari piano, suara yang dihasilkan dari organ berasal dari pipa-pipa walaupun cara memainkannya sama. Organ juga memilii papan lebih dari satu. Kemudian muncul organ yang memiliki satu papan yang disebut organ tunggal.

3. Organ Elektrik atau Keyboard


Keyboard merupakan organ tunggal elektrik. Bunyi yang dihasilkan berasal dari listrik. Keybord termasuk alat musik yang praktis. Walaupun rata-rata keybord hanya memiliki 5 oktaf, namun fitur yang terdapat dalam keyboard sudah lengkap.

Apapun alat musik pilihan kalian, pada intinya bermain musik hanya memerlukan pemahaman tentang musik. Apapun alat musik yang digunakan piano, organ atau keyboard sama saja.
Selamat belajar ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar