Label

Jumat, 19 Desember 2014

Warna Suara atau Timbre

Salam Nada!!!

Berhubung saya sedikit ngantuk. Ehmm! Saya akan memposting yang singkat-singkat saja :)

Pernah denger istilah "WARNA SUARA" ?
Pas pertama kali saya denger tentang warna suara, ada tanda tanya besar di kepala saya. Emang suara ada warnanya? Setelah melalui pencrian yang tidak membutuhkan waktu lama, akhirnya saya menemukan jawabanya, sodara-sodara!



Jadi, WARNA SUARA atau dalam istilah musik sering disebut dengan TIMBRE adalah beda suara satu dengan suara lain. Contohnya, suara piano di nada A, beda dengan suara gitar di nada yang sama, Lebih gampang lagi, satu orang dengan orang lain memiliki suara yang berbeda.
Contoh: Ketika Pondel lagi latihan di studio, kemudian ada Mas Mandor sama Mas Rijal lagi ngobrol di luar, Si Pondel akan bisa menebak suara siapa saja di luar tanpa harus melihat dengan mata kepalanya. :)

Yosha! Ini saja postingan malam ini, semoga bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar